Archive for May, 2013

Karena Kairo Begitu Istimewa

Written by Jauhar Ridloni Marzuq. Posted in Resensi Buku

kado-dari-kairo

Kairo adalah ibukota Mesir yang dibangun pada masa Dinasti Fatimiyah. Berbicara tentang Kairo berbicara tentang Mesir, dan berbicara tentang Mesir berarti berbicara tentang ketampanan Nabi Yusuf dan kesabaran Nabi Musa; tentang keangkuhan Fir’aun dan keajaiban bangunan Piramida, tentang kediktatoran Imperium Romawi dan kecantikan Ratu Cleopatra; tentang kehebatan Alexander the Great dan pesona kota pantai Alexandria; tentang ketangguhan Amru bin Ash dan sejarah penyebaran Islam di tanah Afrika; tentang kecerdikan Salahuddin al-Ayyubi dan pembebasan Pelestina; tentang keagungan institusi al-Azhar dan keikhlasan para ulamanya; dan tentang revolusi Arab Spring dengan Midan Tahrir yang selalu bergelora.

Terhijabnya ILMU Akibat KOMER$ILMU

Written by Abu Shofi Shidiq. Posted in artikel

komersilmu

Dalam beberapa hari lalu saya sharing dengan para Guru/Mentor yang saya anggap punya integritas unutk menyinggung soal komersialisme pendidikan/ilmu.

Di negeri ini bertaburan yang namanya ustadz, trainer, motivator, kyai, inspirator, da’i, konsultan dan lain sebagainya, tapi akhlak penduduk negeri ini tetap rendah bahkan kian terpuruk. Mengapa?

Meraih Motivasi Diri (Becoming Abundance Center)

Written by Abu Shofi Shidiq. Posted in artikel

edit

Gairah-mental-sikap positif berkelimpahan itu adalah ABUNDANCE MENTALITY

Training dan buku-buku life skill dan motivasi banyak sekali (sebagian besar best seller) dan selalu saja “laku” ini berindikasi tidak sedikit ummat yang “bermasalah” dan merasa tidak sanggup menghadapinya.. Setelah training biasanya saya mendapati peserta yang minta konsultasi secara private agar lebih puas. Ada yang sudah psikosomatik akut sehingga butuh therapi lebih lanjut tapi tidak sedikit yang intinya hanya butuh didengarkan. kalau sudah begitu saya akhiri mari bersama kita meminta ampun pada Tuhan dan bersyukur kepadaNya dengan cara lebih banyak dan memberi kepada sesama. Astagfirullah mereka tidak tahu betapa saya-pun sangat bermasalah, apa tidak melihat bekas-bekas kesulitan di wajah saya hehe. Begitulah nasib Konsultan (KONgkonane wong kesuLiTAN) seringkali saya sharing dan jadi tempat curhat (padahal yang dicurhatin juga butuh curhat haha), tapi ada pengalaman menarik dan sangat menyentuh saya, membantu teman terbaik saya yang cukup “complicated” dengan problematika yang dirundungnya khususnya dalam hal materi dan keluarga. sampai-sampai kami malah berdebat soal motivasi-motivasi tingkat tinggi (membawa Ayat Kitab Suci dan Nama Tuhan) yang sudah saya sampaikan kepadanya. padahal kedua masalah itu klasik dan umum skali bukan??!! hampir smua orang merasakannya.