Menampilkan Layar Penuh pada Microsoft Word 2010

Written by Nasrul Fahmi Zaki Fuadi. Posted in Teknologi & Komputer

Mahasiswa hampir dipastikan sangat membutuhkan word editor atau di sini lebih dikenal Microsoft Word. Kegiatan menulis akan sangat tersiksa jika kita menggunakan netbook yang memiliki layar 10 inchi atau lebih kecil. hal tersebut dikarenakan tampilan yang sangat kecil dan akan membuat mata cepat lelah, beda halnya jika menggunakan layar yang besar seperti 14 inchi dan yang lebih besar.

Namun pada microsoft word ada semacam fungsi yang menampilkan lembar kerja kita menjadi full screen, sehingga tampilan akan menjadi lebih besar dan fokus. fungsi full screen juga sangat berguna untuk kepentingan presentasi menggunakan infocus. juga agar konsentrasi kita terpusat pada lembar kerja, bukan malah ke mozilla firefox atau google chrome.

Cara Menambahkan Tombol Full Screen pada Word 2010

Secara default, tombol untuk menggunakan mode tampilan full screen ini tidak ditampilkan pada microsoft Word 2010. Namun Anda dapat menambahkannya pada Quick Access toolbar untuk memudahkan Anda saat mengaksesnya. Caranya sebagai berikut.

1. Klik tab File.

2. Klik Options.

3. Pada kotak dialog yang Word Options yang ditampilkan, di bagian kiri, klik pada pilihan Quick Access Toolbar.
4. Pada bagian Choose Commands From pilih All Commands.
5. Pada daftar pilihan dibawahnya klik pada pilihan Toggle Full Screen View.
6. Klik tombol Add.
7. Terakhir klik tombol OK.

8. Hasilnya tombol perintah Toggle Full Screen View telah ditambahkan pada Quick Access toolbar.

 

Mode Tampilan Layar Penuh pada Excel 2010

Pada aplikasi Excel 2010, perintah untuk tampilan full screen ini sebenarnya secara default sudah ditempatkan pada ribbon. Anda dapat menemukannya di group Workbook Views didalam tab View.

Shortcut pada Keyboard

Untuk mempercepat Anda saat hendak menggunakan tampilan full screen ini, Anda juga dapat menggunakan kombinasi tombol shortcut Alt + V + U. Tombol shortcut ini dapat Anda gunakan baik pada aplikasi Word 2010 maupun pada Excel 2010.

Pembesaran Tampilan

Anda juga dapat menggunakan fasilitas pembesaran (Zoom). Caranya yaitu dengan menahan tombol CTRL pada keyboard lalu menggeser tombol scroll pada mouse keatas atau kebawah hingga mencapai tingkat pembesaran tampilan yang Anda inginkan.

Keluar Dari Full Screen

Untuk keluar dari tampilan full screen anda cukup tekan keyboard ESC, maka tampilan akan kembali ke semula.

 

Comments

comments

Trackback from your site.

Nasrul Fahmi Zaki Fuadi

Be Your Best | Always Try To Be Better – Mahasiswa Pascasarjana Program Studi Kajian Timur Tengah Universitas Indonesia.

Leave a comment

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.