Cara Setting Google Mail di Outlook 2013

Written by Nasrul Fahmi Zaki Fuadi. Posted in Teknologi & Komputer

outlookPengguna internet dapat dipastikan 100% memiliki account email, entah dia yang bersifat gratisan (gmail, yahoomail, microsoft mail, maupun email yang lain) atau yang bersifat berbayar yang dalam kata lain menggunakan domain sendiri (misal; @blitza679.com). Google menyediakan layanan google apps untuk menjadikan domain pribadi kita untuk disingkronkan dengan google mail, termasuk dalam kasus ini penulis menggunakannya sebagai contoh.

Buat pengguna email yang sudah popular seperti yang disebutkan di atas (gmail, yahoomail, microsoft mail) mungkin tidak akan kesusahan melakukan konfigurasi dalam penggunaan outlook 2013. Karena outlook 2013 sudah disetting otomatis untuk pengaturan email-email tersebut. Lain halnya dengan yang menggunakan server email sendiri atau yang dalam ini adalah google mail dari google apps.

Outlook adalah layanan dari microsoft office yang sudah menjadi bagian dari paket office keluaran microsoft. Layanan/software ini mempermudah pengguna dalam mengirim maupun menerima email. Banyak fasilitas yang ditawarkan, yang salah satunya yaitu pemberitahuan berupa suara maupun kotak pesan kecil yang bisa muncul di pojok layar monitor kita. dan tentunya masih banyak fasilitas lainnya yang menjadikan kita menggunakan software ini.

Langsung saja ke tutorial bagaimana pengaturan Google mail di Outlook 2013

1. Buka email dari browser dan aktifkan fitur imap pada account email anda.

setting-google-mail-dengan-outlook-01

setting-google-mail-dengan-outlook-02

setting-google-mail-dengan-outlook-03

2. Buka outlook 2013 anda dan tambahkan account baru berupa account email anda yang anda ingin tambahkan.

setting-google-mail-dengan-outlook-04

3. Pilih manual setup lalu klik next.

setting-google-mail-dengan-outlook-05

4. Pilih opsi Pop or Imap lalu klik next.

setting-google-mail-dengan-outlook-06

5. Masukkan informasi berupa account email anda, lihat gambar di bawah ini.  (pada username berupa alamat email anda, misal; inzacky@blitza679.com). Jika sudah seperti gambar di bawah klik “more settings”.

setting-google-mail-dengan-outlook-07

6. Pada tab “Outgoing server” pastikan anda sudah menceklist “My outgoing server (smtp) requires authentication – Use same settings as my incoming mail server”, lalu klik tab “advanced.

setting-google-mail-dengan-outlook-08

7. Pada incoming server (IMAP) gunakan SSL dan masukkan 993, lalu pada outgoing server (SMTP) gunakan TLS dan masukkan 587. jika sudah klik ok.

setting-google-mail-dengan-outlook-09

8. Tunggu hingga outlook berhasil melakukan uji coba untuk menerima dan mengirim pesan, jika berhasil klik Close.

setting-google-mail-dengan-outlook-10

9. Jika berhasil anda akan dibawa ke jendela pemberitahuan jika anda telah berhasil dan klik “Finish”.

setting-google-mail-dengan-outlook-12

10. Pastikan juga dengan melihat inbox pada email anda melalui browser maupun melalui software outlook ini.

setting-google-mail-dengan-outlook-11

setting-google-mail-dengan-outlook-13

Selamat, anda telah berhasil menggunakan Outlook 2013 untuk keperluan email dengan email pribadi anda. Anda bisa memodifikasinya sesuai dengan server email dari domain anda. Tentunya masing-masing server email memiliki incoming/outgoing mail server yang berbeda. Semoga tutorial ini bermanfaat. BE YOUR BEST!!!

Comments

comments

Trackback from your site.

Nasrul Fahmi Zaki Fuadi

Be Your Best | Always Try To Be Better – Mahasiswa Pascasarjana Program Studi Kajian Timur Tengah Universitas Indonesia.

Leave a comment

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.