Tulisan Alay Versi Arab

Written by Sofwan Hadikusuma. Posted in artikel

Di Indonesia, tulisan alay biasanya menjelaskan bentuk tulisan seseorang yang ‘luar biasa cetar membahana’ dan ga kayak biasanya. Maksud kayak biasanya di sini ya seperti tulisan yang sedang anda baca ini, alias seperti yang udah diajarkan guru-guru kita di sekolah sejak SD sampe tamat. Serasi dari awal penulisan sampai akhir, pake huruf semua dan ga disusupi sama angka.

Dengan berkembangnya jaman, -berkembang di sini ga tau ukurannya apa, kalo menurut saya sih mungkin dengan bertambahnya usia bumi dan munculnya teknologi yang mempermudah cara dan gaya hidup manusia- berkembang pula cara pikir anak-anak muda kita (ngerasa udah tua coy? hehe) dalam ungkapan yang ingin disampaikan melalui tulisan. Mereka menjadi sedikit lebih kreatif plus lebih ingin dipahami. Maksud lebih kreatif di sini karna mereka berani untuk menjebol batas aturan baku menulis yang selama ini menjadi pegangan manusia normal pada umumnya, yang mana mereka tak berani memasukkan unsur angka pada tulisan mereka. Dengan jiwa muda yang berkobar dalam diri anak-anak muda ini, mereka berani melepaskan diri dari hal-hal yang mengekang, untuk lalu menambahkan unsur angka pada gaya tulisan mereka. Yah, mudah-mudahan itu bisa dikatakan kreatif lah in syaAllah menurut mereka.

Begitulah, dan saya yakin kita semua sudah tau bagaimana hasil kreatifitas anak-anak muda kita itu. Tapi biar lebih ‘maknyus’ (minjem kata-katanya pak Bondan), saya coba untuk memperlihatkan bagaimana tulisan itu kepada anda. Namun mohon berhati-hati, karna saya akan memperingatkan terlebih dahulu bahwa tulisan alay ini banyak mempunyai efek samping, dan diharap bagi yang tidak sanggup untuk melanjutkan melihat tulisan ini agar melambaikan tangannya ke arah kamera yang ada di sana, di sana dan di sana. *sambil nunjuk arah kamera*.

Ini dia contohnya:

aku*

k4l4u 54MP41 w4KtuKu
‘Ku m4u TaK 53Or4n6 kan m3R4yu
t1d4k ju64 k4U

T4k perlu SeDu 53d4n 1tU

4kU iN1 b1n4taN6 jAlAn6
dari kuMPuL4nny4 T3rbU4N6

b14r PELurU m3n3mbu5 kul1tku
4ku t3t4p m3rad4N6 m3n3RJ4n6

lUk4 Dan Bi54 kub4W4 b3RLar1
bErl4r1
hIn664 h1l4Ng p3D1h P3rI

d4n 4ku 4k4n l3b1h TId4k P3rdul1

4ku m4u hidup 53r1Bu t4hun la6I

*Diadaptasi dari puisi karya Khairil Anwar (Buat para pengagum puisi-puisinya jangan marah ye, cuma buat contoh aja kok #peace :D)

Nah, kalo secara sederhana ukuran tulisan alay adalah tulisan yang nyampur-nyampur antara huruf dan angka, maka bukan cuma orang Indonesia aja lho yang kreatif begitu, orang Mesir atau mungkin orang Arab pada umumnya ternyata juga kreatif seperti anak-anak muda kita.

Hah, enelan kamu? ciyus? miapah? (Jangan meniru adegan tulisan di samping O-O)

Sebagaimana yang sedikit saya perhatikan ketika sesama orang arab lagi ngomenin sesuatu atau lagi ‘chatingan’, mereka tidak selalu menulis dengan huruf hijaiyah seperti biasanya, tapi kadang juga menggunakan huruf latin yang dikombinasikan dengan huruf hijaiyah dan angka. Contohnya seperti ini:

wana bein edaik me7taga eih?
feh 7aga akbar men keda
w ana 3omri kont a7lam fe youm a3ish 7ayah bel shakl da*

*Dari lirik lagunya mbak Nancy Ajram yang judulnya “wana bein eidak”.

Sedikit penjelasannya, jadi angka 7 itu sebagai ganti dari huruf ha “ح”, dan angka 3 sebagai ganti huruf ‘ain “ع”.

Bener kan, ternyata virus tulisan alay ga hanya ada di Indonesia, tapi juga udah nyebar ke Arab, hehe. Tapi meskipun begitu, ada sedikit perbedaan antara keduanya. Kalo tulisan alay versi arab, sejatinya ditujukan untuk mempermudah mereka ketika harus menulis cepat dibanding jika menulis dengan huruf hijaiyah. Beda lagi kalo tulisan alay versi pribumi yang malah ga punya tujuan. Udah ga punya tujuan, bahkan malah mempersulit orang untuk membaca apalagi memahaminya. Untung aja tulisan itu hanya dipakai ketika nulis status di media sosial atau pas lagi ngirim sms ke sesama, coba mereka pake itu juga buat nulis skripsi, bisa-bisa meteorid yang kemaren jatuh ke Rusia nyuruh temennya untuk jatuh di Indonesia, hehe.. Jangan lah, mudah-mudah hal itu ga terjadi. 🙂

Comments

comments

Trackback from your site.

Sofwan Hadikusuma

twitter.com/choe_fn

Comments (2)

  • inzacky

    |

    hahaha… luar biasa… bisa aja ente cop.. 😛 هههههههههههه
    مشكوووووووووووووووررررر

    Reply

Leave a comment

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.